Rabu, 05 November 2014

KBK Penulisan Ilmiah

Teknologi Komunikasi

Definisi Teknologi Komunikasi
     Teknologi komunikasi. Teknologi komunikasi adalah perangkat keras (hardware) dalam sebuah struktur organisasi yang mengandung nilai-nilai sosial yang memungkinkan setiap individu mengumpulkan, memproses dan saling tukar menukar informasi dengan individu-individu lain (“Teknologi Komunikasi,” 2014).
     Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia. Teknologi komunikasi adalah suatu cara bagaimana menyampaikan informasi kepada pengguna agar bisa dimanfaatkan dengan baik (Kamus Besar Bahasa Indonesia [KBBI], 2013).
     Maka dapat disimpulkan teknologi komunikasi adalah hasil rekayasa manusia terhadap proses penyampaian informasi dan proses penyampaian pesan (ide, gagasan) dari satu pihak kepada pihak lain sehingga lebih cepat, lebih luas sebarannya, dan lebih lama penyimpanannya.

Dampak Positif dan Negatif
      Dampak positif. Dampak positif teknologi komunikasi yaitu: (a) Munculnya media massa, khususnya media elektronik sebagai sumber ilmu dan pusat pendidikan; (b) Kita akan lebih cepat mendapatkan informasi-informasi yang akurat dan terbaru di manapun melalui internet; dan (c) Kita dapat berkomunikasi dengan teman, maupun keluarga yang sangat jauh hanya dengan melalui handphone (Citraindahsafitri, 2012).
      Dampak negatif. Dampak negatif teknologi komunikasi yaitu: (a) kecanduan bermain komputer dapat memicu anak menjadi malas menulis, menggambar atau pun melakukan aktivitas sosial; (b) Melalui internet berbagai materi bermuatan seks, dan kekerasan (“Dampak negatif teknologi informasi dan teknologi komunikasi bagi pelajar,” 2012).

Perbedaan Teknologi Komunikasi Zaman Dahulu dan Sekarang
     Teknologi Komunikasi Zaman Dahulu. Orang-orang zaman dahulu sudah menggunakan alat-alat komunikasi, namun alat-alatnya tidak secanggih sekarang. Pada zaman dahulu, orang menggunakan alat kentongan, tali, telik sandi, surat, dan kurir untuk berkomunikasi (“Perbedaan teknologi masa lalu dan masa sekarang,” 2014).
     Teknologi Zaman Sekarang. Zaman sekarang sudah ada alat komunikasi y
ang lebih canggih lagi. Alat komunikasi itu bernama internet. Peralatan yang dipakai untuk berkomunikasi melalui internet adalah komputer. Melalui internet itu kita dapat berkomunikasi dengan orang lain di seluruh dunia. Kita juga dapat membaca berita, mengirim atau menerima gambar, dan surat melalui e-mail (“Perbedaan teknologi masa lalu dan masa sekarang,” 2014).


Kesimpulan
     Teknologi komunikasi merupakan hasil rekayasa manusia terhadap proses penyampaian informasi dan proses penyampaian pesan (ide, gagasan) dari satu pihak kepada pihak lain sehingga lebih cepat, lebih luas sebarannya, dan lebih lama penyimpanannya. Dampak positif, munculnya media massa khususnya media elektronik sebagai sumber ilmu dan pusat pendidikan. Sedangkan dampak negatif, kecanduan bermain komputer dapat memicu anak menjadi malas menulis, menggambar atau pun melakukan aktivitas sosial. Alat-alat komunikasi zaman dahulu tidak secanggih zaman sekarang. Orang dahulu masih menggunakan alat komunkasi seperti kentongan, sedangkan orang zaman sekarang sudah mempunyai alat komunikasi yang lebih canggih, contohnya  seperti internet.




















Daftar Pustaka

Darmawan, H. (2012, 29 Januari). Dampak negatif teknologi informasi dan

     komunikasi bagi pelajar. Diunduh dari

     http://mostwantedpost.blogspot.com/2012/01/dampak-negatif-teknologi-

     informasi-dan.html

Safitiri, C. I. (2012, 10 April ). Contoh dampak positif dan atau negatif dari     

     teknologi komunikasi dalam kehidupan masyarakat. Diunduh dari
     positif-dan-atau-negatif-dari-teknologi-komunikasi-dalam-kehidupan-
     masyarakat/
Setyawan, R. (2014, 4 Oktober). Perbedaan teknologi masa lalu dan masa    
     sekarang. Diunduh dari

     teknologi-masa-lalu-dan-sekarang-678391.html

Limanus, S. S. (2013, Maret). Teknologi informasi dan komunikasi. Diunduh dari
     tik.html

 

Wikipedia. (2014, 11 November). Teknologi komunikasi. Diunduh dari 
      
http://id.wikipedia.org/wiki/Teknologi_komunikasi

    
    
    

 

 

 

 








Tidak ada komentar:

Posting Komentar